Skip to main content

Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah


Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah adalah sebuah cara untuk menentukan hari yang dianggap memiliki angsar atau pengaruh nasib yang baik bagi penghuni rumah tersebut, dimana dalam adat tradisional jawa setiap hari yang kita kenal dengan hari pasaran memiliki karakter atau watak masing-masing, termasuk juga dalam menentukan hari pindahan rumah.






hari baik pindah rumah
cara menghitung hari baik pindah rumah


Tidak sedikit masyarakat Jawa yang masih memegang teguh adat dan kepercayaan tradisional harus mendatangi seseorang yang dianggap tau cara menentukan hari baik pindah rumah, hanya untuk menanyakan/mencari hari baik pindah rumah.
Hal ini mereka lakukan sebagai wujud ihtiar( berhati-hati ) kepada sang Maha Memiliki, mereka sadar bahwa mereka hanya menumpang tanah milik sang Maha Pencipta, dengan kata lain mereka tidak sembrono menempati tempat yang hanya titipan sang Maha Pemilik.
Tentunya dengan harapan nantinya tempat tersebut membawa hal-hal baik bagi penghuninya.

Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah


Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah ada dua versi yaitu:
  1. Menggunakan Guru, Ratu, Rogoh, Sempoyong.


  2. Untuk menghitung Hari Baik Pindah Rumah maka harus di ketahui dahulu neptu hari dan pasarannya. Lihat tabel berikut:

    Tabel Neptu Hari Dan Pasaran
    Nama HariNeptuNama PasaranNeptu
    Senin4Pahing9
    Selasa3Pon7
    Rabu7Wage4
    Kamis8Kliwon8
    Jum'at6Legi5
    Sabtu9--
    Minggu5--


    Setelah mengetahui neptu hari dan pasaran, selanjutnya tentukan hari dan pasarannya.
    Misalnya akan pindah rumah pada hari Senin Wage, lihat tabel diatas.

    Senin Neptunya = 4
    Wage Neptunya = 4
    4 + 4 = 8
    Jadi jumlah neptu hari dan pasarannya adalah = 8

    Setelah menentukan hari dan pasaran dan sudah diketahui jumlah neptunya, langkah selanjutnya adalah membagi jumlah tersebut dengan angka 4 dan cari kelebihan atau sisanya.
    Angka 4 tersebut adalah bilangan pembagi dari Guru, Ratu, Rogoh, dan Sempoyong. Caranya sebagai berikut:

    8 : 4 = 2
    2 × 4 = 8
    8 - 8 = 0 ( angka yang habis dibagi 4 disamakan dengan ada kelebihan 4 )
    Jadi 8 : 4 = ada kelebihan 4.

    Setelah mengetahui hasilnya langkah selanjutnya adalah melihat kamus berikut....

    KelebihanJatuh PadaArtinya
    1Gurudihormati,digurukan,lancar rezeki, selamat dan sejahtera.
    2Ratuberwibawa, ditakuti,disegani,banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.
    3Rogohmudah dimasuki pencuri, boros,kurang bahagia dan banyak hal-hal yang kurang baik.
    4Sempoyongtidak bertahan lama atau tidak kerasan,susah dan sering bertengkar.


    Artinya
    • Jika ada kelebihan 1 jatuh pada Guru
    • Jika ada kelebihan 2 jatuh pada Ratu
    • Jika ada kelebihan 3 jatuh pada Rogoh
    • Jika ada kelebihan 4 jatuh pada Sempoyong


    Dari contoh diatas hari Senin Wage jatuh pada Sempoyong yang artinya tidak bertahan lama atau tidak kerasan, susah dan sering bertengkar. Jadi hari tersebut dianggap sangat tidak baik.

    Langkah yang terahir dari versi yang pertama adalah memilih bulan baik untuk pindah rumah. Lihat daftarnya di segmen bawah.

  3. Menggunakan Pancasuda



Versi yang kedua adalah Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah menggunakan Pancasuda cara menghitungnya hampir sama dengan versi yang pertama, bedanya hanya saat membagi jumlah neptu, jika versi yang pertama jumlah neptu dibagi 4, maka diversi yang kedua jumlah neptu dibagi 5.
Angka 5 adalah angka pembagi dari pancasuda.

lihat tabel kamus pancasuda berikut:

Pancasuda

Jika sisaJatuh padaArtinya
1SriRejeki melimpah
2LungguhMendapat derajat
3GedhongKaya harta benda
4LaraSakit, sakit-sakitan
5PatiMati, dalam arti luas


Setelah mengetahui Pancasuda, selanjutnya hitung neptu hari dan pasarannya.
Contoh masih tetep yang diatas yakni Senin Wage.

Senin Neptunya = 4
Wage Neptunya = 4
jumlah neptu 4 + 4 = 8.
Jadi jumlah neptu hari pasarannya adalah 8.

Setelah jumlah neptu hari dan pasarannya diketahui, selanjutnya jumlah tersebut dibagi 5 dan cari sisa / kelebihannya.
8 : 5 = 1
1 × 5 = 5
8 - 5 = 3

Jadi jumlah neptu tersebut ada sisa atau kelebihan 3 jatuh pada Gedhong yang artinya adalah = Kaya harta benda.

Nah setelah mengetahui hari baiknya langkah selanjutnya adalah memilih bulan baik pindah rumah.

Dari kedua versi diatas yang sering dipakai untuk pindah rumah adalah versi yang pertama, sedangkan versi yang kedua sering dipakai untuk memulai sesuatu, misalnya usaha, hajatan, acara dan lain sebagainya.

Bulan Baik Pindah Rumah


Lihat daftar bulan berikut:
  1. Bulan Sura = tidak baik
  2. Bulan Sapar = tidak baik
  3. Bulan Mulud = tidak baik
  4. Bulan Bakdamulud = baik
  5. Bulan Jumadilawal = tidak baik
  6. Bulan Jumadilakir = kurang baik
  7. Bulan Rejeb = tidak baik
  8. Bulan Ruwah = baik
  9. Bulan Pasa = tidak baik
  10. Bulan Sawal = sangat tidak baik
  11. Bulan Dulkaidah = cukup baik
  12. Besar = sangat baik


Berdasarkan perhitungan diatas, bulan yg baik adalah : Bakdamulud, Ruwah, Dulkaidah, dan Besar.

Selanjutnya pilih salah satu bulan yang baik tersebut untuk pindahan Rumah. berikut watak bulan baik pindahan rumah.

  • Bulan Bakdamulud = Bulan baik untuk mendirikan sesuatu termasuk rumah tinggal. Keluarga yang bersangkutan mendapat wahyu keberuntungan, apa yang diinginkan terlaksana, cita-citanya tercapai, selalu menang dalam menghadapi perkara, berhasil dalam bercocok-tanam, berkelimpahan emas dan uang, mendapat doa restu Nabi, dan lindungan dari Allah.
  • Bulan Ruwah = Bulan baik untuk mendirikan rumah tinggal. Rejeki melimpah dan halal, disegani, dihormati dan disenangi orang banyak, mendapat doa Rasul.
  • Bulan Dulkaidah = Cukup baik, dicintai anak istri, para orang tua, saudara, dan handaitaulan. Dalam hal bercocok-tanam lumayan hasilnya. Banyak rejeki dan cukup uang. Keadaan keluarga harmonis, tentram, damai dan mendapatkan doa dari Rasul.
  • Bulan Besar = Baik, banyak mendapat rejeki, berkelimpahan harta-benda dan uang. Anggota keluarga yang berdiam di areal rumah-tinggalnya yang dibangun pada bulan Besar merasakan ketentraman lair batin, serta dihormati.


Jika ingin melihat daftar lengkap hitungan hari baik pindah rumah

Semoga artikel ini Hari Baik Pindah Rumah ada manfaat, dan terima kasih telah berkunjung ke blog ini.


Popular posts from this blog

Primbon Jam Maling Dan Kegunaannya

Primbon Jam Maling adalah cara menentukan jam yang menguntungkan bagi pelaku, baik untuk tujuan positif atau untuk tujuan negatif.   Sebenarnya Primbon Jam Maling adalah hitungan mencari jam baik untuk melakukan sesuatu, cuman karena banyak dimanfaatkan oleh maling,w hitungan jam baik lebih populer dengan sebutan Jam Maling Ada dua (2) versi hitungan Jam Maling yang sering digunakan dalam masyarakat. Versi Yang Pertama Versi yang pertama menggunakan tanggal dan jam. Versi Yang Kedua Versi yang kedua menggunakan pembagi 4. Pada versi yang kedua dilengkapi arah masuknya. Dari kedua versi tersebut yang akan dibahas kali ini adalah versi yang pertama, sedangkan versi yang kedua akan dibahas di lain artikel. primbon jam maling Primbon Jam Maling Dan Kegunaannya Selain digunakan untuk tujuan negatif, Primbon Jam Maling juga dapat digunakan untuk tujuan dan maksud yang positif, tergantung dari pengguna atau pemakainya. Berikut beberapa penggunaan Jam Maling ya

Arti Haid Berdasarkan Waktu, Tanggal, Bulan, Hari Dan Pasaran

Dalam kehidupan masyarakat Jawa yang masih memegang teguh adat dan kepercayaan tradisional, dipercaya bahwa haid atau keluarnya darah kotor ternyata dimaknai sebagai pertanda atau firasat akan terjadi sesuatu dan atau mengalami sesuatu kejadian pada diri orang yang sedang haid. Datangnya menstruasi atau haid setiap wanita tidak ada yang sama setiap bulannya, setiap wanita tentu mempunyai waktu haid yang tidak tetap dan teratur, hal ini disebabkan oleh karena kondisi badan dan psikis yang berbeda-beda pada setiap wanita. Arti haid berdasarkan waktu, tanggal, bulan, hari dan pasaran Oleh sebab itu, waktu-waktu haid bagi seorang wanita sering kali mempengaruhi dirinya, serta dikaitkan dengan firasat yang akan terjadi pada dirinya sendiri. Dalam Primbon Jawa, yaitu ilmu yang mempelajari tentang ramalan yang akan atau sedang terjadi bagi wanita yang sedang haid menurut Sapta Wara disebut Primbon Haid, adapun perincinanya menurut waktu/jam, hari, pasaran, tanggal sampai

Primbon Arah Keberuntungan

Primbon Arah Keberuntungan adalah cara menentukan arah yang membawa keberuntungan bagi kita. Baik itu untuk karier, adu nasib dan lain-lainnya. Sebenarnya diluar sana banyak sekali cara menentukan arah keberuntungan ini, beragam cara dan versinya. Dalam primbon jawa dan mujarobat sendiri, beragam cara bisa digunakan untuk menentukan arah keberuntungan ini, tiga cara yang sering digunakan adalah Cara Memilih Arah Keberuntungan melihat hari 7 melihat pasaran menggabungkan hari dan pasaran Dari ketiga cara tersebut yang simpel dan sering jitu memprediksi arah keberuntungan adalah melihat hari tujuh. Kenapa saya bilang begitu? karena saya pernah mengujinya dengan satu musim turnamen sepak bola di daerah, dari sekian pertandingan yang saya uji, hanya satu kali meleset. Dan dua kali saya menguji dengan pemilihan kepala desa di daerah saya, dan kedua-duanya jitu. Primbon arah Keberuntungan Primbon Arah Keberuntungan Dan Keuntungan Primbon arah Keberuntungan . S