Skip to main content

Primbon Beli Barang Terpopuler

Primbon Beli Barang Terpopuler adalah cara menghitung hari baik untuk membeli barang yang banyak digunakan oleh masyarakat Jawa yang masih memegang teguh adat dan kepercayaan tradisional.

Primbon Beli Barang Terpopuler. Dalam kepercayaan tradisi orang Jawa, dikenal yang namanya hari baik dan hari buruk. Hari baik adalah hari yang dianggap cocok dengan hitungan Primbon. Sebaliknya hari buruk adalah hari yang dianggap tidak cocok dengan hitungan Primbon.

Primbon Beli Barang Terpopuler
Primbon Beli Barang Terpopuler
Primbon Beli Barang Terpopuler

Mencari hari baik adalah untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Memamg semua hari itu baik, tapi baiknya untuk apa...?

Perumpamaannya seperti kita membuat kopi, bahan yang dibutuhkan adalah air matang, kopi bubuk, dan gula standartnya kan gitu. Nah bagaimana jika gulanya diganti dengan garam!... kopinya terasa asin kan!... rasanya gak enak banget, bikin mual malah.

Pertanyaannya adalah apakah garam itu gak baik?...apakah garam itu gak bagus?...
Garam itu baik dan bagus, cuman garam gak cocok bila dicampurkan saat membuat kopi. Begitu juga hari dalam primbon Jawa. Semua hari dianggap baik, tapi baiknya untuk apa, baiknya itu buat ngapain.

Balik Keartikel, Begitu pula saat membeli barang, karena dalam hitungan Primbon Jawa, saat membeli barang hari dibagi menjadi empat karakter. Primbon Beli Barang Terpopuler

Tonton video primbon beli barang | hari baik beli barang di youtube.👇👇👇👇👇



  1. Guru.

    Memiliki karakter dimulyakan, diopeni, disanjung, jadi contoh. Perlakuan pemilik kepada barang tersebut sebagaimana perlakukan seseorang terhadap guru.


  2. Ratu.

    Banyak kesenangan, banyak yang suka, sering/mudah mencari penghasilan (Bhuwet dalam bahasa maduranya). Banyak kesenangan, kegembiraan dari barang tersebut


  3. Rogoh.

    Rogoh artinya ambil, disebutkan jika saat membeli barang tersebut jatuh pada Rogoh, maka barang tersebut bakalan diambil orang atau dicuri orang. Atau sering kehilangan barang.


  4. Sempoyong.

    Jika hatuh sempoyong bakalan banyak menemui atau mendapatkan kesusahan dari barang tersebut, misalnya motor, sering ngadatkah, sering macet lah, bisa jadi juga sering kecelakaan. pokoknya banyak kesusahan yang didapat. Primbon Beli Barang Terpopuler


Dari keempat karakter tersebut terbagi menjadi dua kategori
  • Baik.
    Jika jatuh pada Guru dan Ratu.


  • Tidak Baik.
    Jika jatuh pada Rogoh dan Sempoyong.
Tentunya anda pengen jatuh pada hitungan yang baik bukan?!... siapa sih yang pengen sering kemalingan atau tertimpa musibah semisal kecelakaan...semuanya pastinya pengen selamat. Dari usaha mencari selamat ini orang Jawa tidak sembrono menentukan hari. Disamping sifat sembrono iti tidak baik juga takut dibilang sombong disisi tuhan, karena tidak ihtiar atau berhati-hati dalam memanfaatkan pemberian tuhan yang hakikatnya adalah milik tuhan, manusia hanya memanfaatkan dengan status hak pakai saja. suatu saat semuanya bisa di ambil kembali oleh sang Maha Memiliki dan dimintai pertanggung jawaban. Primbon Beli Barang Terpopuler

Primbon Beli Barang Terpopuler: Cara Menghitung Hari Baik Beli Barang


Primbon Beli Barang Terpopuler. Berikut langkah-langkah menghitung atau mencari hari baik beli barang menurut hitungan Primbon Jawa.

Primbon Beli Barang Terpopuler: Mencari Hari Dan Pasaran


Langkah awalnya adalah menentukan dahulu hari dan pasarannya atau mencari dahulu hari dan pasarannya dan selanjutnya dibutuhkan neptu dari hari dan pasaran tersebut kemudian dijumlahkan. Untuk mengetahui neptu hari dan pasaran dibutuhkan tabel daftar neptu hari dan pasaran seperti berikut bagi yang belum menghafalnya, jika sudah hafal tinggal menjumlahkan neptu tersebut. Berikut tabel neptu hari dan pasaran.

Primbon Beli Barang Terpopuler
Tabel Neptu Hari Dan Pasaran
Nama HariNeptuNama PasaranNeptu
Senin4Pahing9
Selasa3Pon7
Rabu7Wage4
Kamis8Kliwon8
Jum'at6Legi5
Sabtu9--
Minggu5--
Primbon Beli Barang Terpopuler

Setelah mengetahui neptu hari dan pasaran kemudian tentukan hari dan pasarannya. contoh: Ahmad akan membeli sepeda motor pada hari Selasa Pon.

Kita lihat tabel neptu hari dan pasarannya.
Selasa = 3
Pon = 7
Kemudian kita jumlahkan neptu tersebut.
3 + 7 = 10.
Jadi jumlah dari neptu hari dan pasaran Selasa Pon adalah 10.

Primbon Beli Barang Terpopuler: Membagi 4


Setelah menentukan hari dan pasarannya, langkah selanjutnya adalah membagi jumlah neptu hari dan pasaran tersebut dengan pembagi 4.
Dari contoh diatas, jumlah neptu hari dan pasaran Selasa Pon adalah 10. Angka 10 ini kemudian kita bagi 4.
10 : 4 = 2 ( ambil angka depan koma saja )
4 × 2 = 8
10 - 8 = 2
Jadi ada kelebihan atau sisa 2.

Primbon Beli Barang Terpopuler: Melihat Tabel Isi


Setelah menjumlahkan dan membagi neptu hari dan pasaran, langkah selanjutnya adalah melihat tabel isi dari kelebihan atau sisa hitungan tersebut. Dari contoh diatas, jika membeli barang pada hari Selasa Pon ada kelebihan atau sisa 2, jadi jika membeli barang pada Selasa Pon jatuh pada Ratu yang artinya berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.

Berwibawa bisa juga artikan sebagai dapat barang yang berkualitas bagus.
Ditakuti bisa diartikan barang tersebut diopeni karena rasa suka terhadap barang tersebut biar awet, gak gampang rusak, takut hilang.
Disegani bisa juga diartikan barang tersebut disegani dipinjam atau dipake orang yang dibuat sembrono.
Banyak rejeki, Bhuwet dalam istilah maduranya, gampang dibuat usaha, cari rejeki, pokoknya sering dapat sebab yang menghasilkan rejeki dengan barang tersebut.
Jauh dari goro-goro yang menyebabkan barang tersebut cepat rusak, hilang, dan lain-lainnya.

Lihat tabel isi berikut, dan prediksi dari wataknya silahkan anda terjemahkan dengan pengalaman anda.

Primbon Beli Barang Terpopuler
KelebihanJatuh PadaArtinya
1Gurudihormati,digurukan,lancar rezeki, selamat dan sejahtera.
2Ratuberwibawa, ditakuti,disegani,banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.
3Rogohmudah dimasuki pencuri, boros,kurang bahagia dan banyak hal-hal yang kurang baik.
4Sempoyongtidak bertahan lama atau tidak kerasan,susah dan sering bertengkar.


Artinya

  • Jika ada kelebihan 1 jatuh pada Guru
  • Jika ada kelebihan 2 jatuh pada Ratu
  • Jika ada kelebihan 3 jatuh pada Rogoh
  • Jika ada kelebihan 4 jatuh pada Sempoyong
Primbon Beli Barang Terpopuler

Primbon Beli Barang Terpopuler: Pancasuda


Primbon Beli Barang Terpopuler. Selain dari tabel isi diatas, adapula yang menggunakan hitungan Pancasuda. Perbedaan antara keduanya adalah cara membagi dan isinya. Jika tavel diatas dibagi 4, pada hitungan Pancasuda dibagi 5. Caranya sama yang beda hanya isinya.

Contoh: Selasa = 3, Pon = 7
3 + 7 = 10
10 : 5 = 2
5 × 2 = 10
10 - 10 = 0. Sisa 0 dianggap ada sisa 5, atau jika jumlah hari dan pasaran tersebut habis dibagi 5 maka jumlah tersebut sama dengan ada sisa 5. Sisa lima jatuh pada Pati, yang artinya mati secara luas.

Lihat lengkapnya pada tabel berikut:

Primbon Beli Barang Terpopuler

Pancasuda

Jika sisaJatuh padaArtinya
1SriRejeki melimpah
2LungguhMendapat derajat
3GedhongKaya harta benda
4LaraSakit, sakit-sakitan
5PatiMati, dalam arti luas


Dari Kedua cara hitungan diatas yang paling banyak digunakan masyarakat dalam membeli barang adalah cara yang pertama dengan pembagi 4. Primbon Beli Barang Terpopuler

Untuk sementara hanya ini yang bisa saya bagikan, silahkan berbagi dengan publik, teman, group atau komonitas sosmed anda, dan silahkan sisipkan komentar anda tentang pengalaman anda membeli barang dikotak komentar yang tersedia untuk memperkaya informasi bagi pengunjung lain.
Semoga artikel ini Primbon Beli Barang Terpopuler ada manfaat, jangan sungkan-sungkan untuk berkunjung kembali diblog ini dan terima kasih atas kunjungannya.


Popular posts from this blog

Primbon Jam Maling Dan Kegunaannya

Primbon Jam Maling adalah cara menentukan jam yang menguntungkan bagi pelaku, baik untuk tujuan positif atau untuk tujuan negatif.   Sebenarnya Primbon Jam Maling adalah hitungan mencari jam baik untuk melakukan sesuatu, cuman karena banyak dimanfaatkan oleh maling,w hitungan jam baik lebih populer dengan sebutan Jam Maling Ada dua (2) versi hitungan Jam Maling yang sering digunakan dalam masyarakat. Versi Yang Pertama Versi yang pertama menggunakan tanggal dan jam. Versi Yang Kedua Versi yang kedua menggunakan pembagi 4. Pada versi yang kedua dilengkapi arah masuknya. Dari kedua versi tersebut yang akan dibahas kali ini adalah versi yang pertama, sedangkan versi yang kedua akan dibahas di lain artikel. primbon jam maling Primbon Jam Maling Dan Kegunaannya Selain digunakan untuk tujuan negatif, Primbon Jam Maling juga dapat digunakan untuk tujuan dan maksud yang positif, tergantung dari pengguna atau pemakainya. Berikut beberapa penggunaan Jam Maling ya

Arti Haid Berdasarkan Waktu, Tanggal, Bulan, Hari Dan Pasaran

Dalam kehidupan masyarakat Jawa yang masih memegang teguh adat dan kepercayaan tradisional, dipercaya bahwa haid atau keluarnya darah kotor ternyata dimaknai sebagai pertanda atau firasat akan terjadi sesuatu dan atau mengalami sesuatu kejadian pada diri orang yang sedang haid. Datangnya menstruasi atau haid setiap wanita tidak ada yang sama setiap bulannya, setiap wanita tentu mempunyai waktu haid yang tidak tetap dan teratur, hal ini disebabkan oleh karena kondisi badan dan psikis yang berbeda-beda pada setiap wanita. Arti haid berdasarkan waktu, tanggal, bulan, hari dan pasaran Oleh sebab itu, waktu-waktu haid bagi seorang wanita sering kali mempengaruhi dirinya, serta dikaitkan dengan firasat yang akan terjadi pada dirinya sendiri. Dalam Primbon Jawa, yaitu ilmu yang mempelajari tentang ramalan yang akan atau sedang terjadi bagi wanita yang sedang haid menurut Sapta Wara disebut Primbon Haid, adapun perincinanya menurut waktu/jam, hari, pasaran, tanggal sampai

Primbon Arah Keberuntungan

Primbon Arah Keberuntungan adalah cara menentukan arah yang membawa keberuntungan bagi kita. Baik itu untuk karier, adu nasib dan lain-lainnya. Sebenarnya diluar sana banyak sekali cara menentukan arah keberuntungan ini, beragam cara dan versinya. Dalam primbon jawa dan mujarobat sendiri, beragam cara bisa digunakan untuk menentukan arah keberuntungan ini, tiga cara yang sering digunakan adalah Cara Memilih Arah Keberuntungan melihat hari 7 melihat pasaran menggabungkan hari dan pasaran Dari ketiga cara tersebut yang simpel dan sering jitu memprediksi arah keberuntungan adalah melihat hari tujuh. Kenapa saya bilang begitu? karena saya pernah mengujinya dengan satu musim turnamen sepak bola di daerah, dari sekian pertandingan yang saya uji, hanya satu kali meleset. Dan dua kali saya menguji dengan pemilihan kepala desa di daerah saya, dan kedua-duanya jitu. Primbon arah Keberuntungan Primbon Arah Keberuntungan Dan Keuntungan Primbon arah Keberuntungan . S